Manusia Diramalkan Hidup Abadi Tahun 2030, Begini Caranya

Ilustrasi sepasang kakek dan nenek sikat gigi. (Dok. Pexel)

Anda punya keinginan hidup abadi? Nampaknya perlu menunggu sekitar 7 tahun lagi. Sebab, menurut seorang ilmuwan. Saat itu, teknologi pendukung sudah tersedia untuk mencapai kehidupan yang mortal.

Prediksi tersebut berasal dari ilmuwan komputer dan mantan insinyur Google, Ray Kurzwell, pada 2017 lalu. Mendekati waktu prediksi tersebut, komentarnya kembali muncul dalam serial dua bagian di Youtube oleh vlogger teknologi Adagio.

“Tahun 2029 merupakan tanggal konsisten saya memprediksi saat AI akan lulus tes [Alan] Turing,” kata Kurzwell kepada Futurism, dikutip dari NY Post, Jumat (31/3/2023).

Sementara itu, dia memperkirakan pada 2045 adalah saat kehadiran Singularitas. Yakni saat manusia melipatgandakan kecerdasan dan menggabungkannya dengan kecerdasan buatan atau AI.

Sebelumnya, Kurzwell menyatakan manusia akan menciptakan teknologi untuk menangkis penuaan dan penyakit dengan robot mikroskopis dalam kurang dari satu dekade. Melihat keadaan sekarang, memang banyak insinyur medis tengah mengerjakan bot-bot untuk menangkal penyakit tersebut.

Selain itu, nanoteknologi diperkirakan akan membuat orang bisa memakan apapun tanpa takut gemuk. Teknologi tersebut akan mengekstraksi nutrisi sesuai kebutuhan tubuh manusia.

“Nanobot di saluran pencernaan dan aliran darah akan dengan cerdas mengekstraksi nutrisi yang tepat yang kita butuhkan, meminta nutrisi dan suplemen tambahan yang dibutuhkan melalui jaringan area lokal nirkabel pribadi kita, dan mengirimkan sisa makanan yang kita makan dalam perjalanan untuk dilewati dan dieliminasi,” jelasnya pada unggahan tahun 2003.

Kurzwell memang dikenal sering membuat prediksi terkait teknologi. Termasuk soal meluasnya penggunaan laptop dan kemenangan komputer IBM atas juara catur dunia Garry Kasparov.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*